Headlines News :
Home » » Penyuluhan Politik Dorong Pelembangaan Demokrasi

Penyuluhan Politik Dorong Pelembangaan Demokrasi

Written By Warta Bekasi News on Kamis, 31 Mei 2012 | 16.58

Bogor
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor, menggelar penyuluhan politik kepada masyarakat, di hotel Purnama, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Acara penyuluhan ini digelar selama dua hari, yakni Rabu, (22/2), hingga Kamis, (23/2) minggu lalu, dengan peserta yang berasal dari organisasi kepemudaan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten BogorAcara penyuluhan ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Drs. Rahmat Suryana, M.Si, mewakili Bupati Bogor, Rachmat Yasin, yang berhalangan hadir
Dalam sambutannya, Rahmat mengatakan, acara penyuluhan ini merupakan sebuah upaya untuk mencerdaskan masyarakat dalam membangun kehidupan politik yang sehat dan kuat.

“Penyuluhan ini merupakan upaya pencerdasan yang harus dilakukan secara intensif, karena meskipun cukup banyak masyarakat Kabupaten Bogor yang telah memiliki pemahaman tentang politik secara garis besar, namun masih belum banyak yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam berpolitik dan berdemokrasi guna membangun kehidupan politik yang sehat dan kuat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyuluhan politik seperti ini akan berhasil mendorong pelembagaan demokrasi yang kokoh. “Jika dilakukan dengan pendekatan yang tepat, saya yakin penyuluhan politik seperti ini akan berhasil mendorong pelembagaan demokrasi yang kokoh dan menjadikan rakyat semakin terdidik dalam menjaga dan mengembangkan demokrasi sebagai sumber kekuatan politik yang esensial,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Rahmat berharap, para peserta dapat mengikuti penyuluhan ini dengan baik agar nantinya dapat diaplikasikan secara pribadi, maupun dalam organisasi. “Saya berharap para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh untuk kemudian diaplikasikan secara konkret, baik secara pribadi, maupaun dalam menjalankan aktivitas organisasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bogor, Wawan Setiawan menyatakan, sangat berterima kasih atas antusiasme para peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini.

“Dari perkiraan 40 peserta yang akan hadir, ternyata acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta. Hal ini membuktikan, bahwa masyarakat Kabupaten Bogor sangat antusias terhadap penyuluhan politik ini, oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada para peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan ini,” ungkapnya.

Acara penyuluhan ini memiliki tema, Melalui Penyuluhan Politik Masyarakat Kita Lestarikan Budaya Politik Pancasila Sebagai Wujud Upaya Pembangunan Manusia Indonesia Seutuhnya. Selama dua hari, para peserta penyuluhan ini akan diberi materi mengenai, kebijakan serta fasilitasi pemerintah kepada organisasi masyarakat, kebijakan Pemkab Bogor dalam pembinaan politik masyarakat, partisipasi politik masyarakat dalam perspektif otonomi daerah, demokrasi di Indonesia dan perkembangannya, serta budaya dan etika politik. (Dauri/Sop)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Bupati Bekasi Terpilih Priode 2012-2017 Resmi Dilantik

Bekasi Blog News
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Hermawan, resmi melantik Bupati Bekasi terpilih Neneng Hasanah dan Wakil Bupati Rochim Mintareja, masa jabatan 2012-2017, di Gedung DPRD Kabputaen Bekasi, (14/5) lalu.
Pelantikan itu juga dihadiri oleh mantan Bupati Bekasi Saad’dudin, untuk meyerahkan terimakan jabatan sebagai  Bupati Bekasi. Dengan demikian, Neneng Hasanah dan Rohim Mintareja, yang unggul dalam pilkada lalu, kini telah resmi menjabat  Bupati dan Wakil Bupati Bekasi,  Setelah acara pelantikan keduanya akan memaksimalkan kerjanya pada tahun 2013 mendatang, yakni menjalankan program yang telah ditetapkan semasa kampanye, sambil  melaksanakan kegiatan yang telah berjalan pada tahun 2012 ini.
“Kami akan meneruskan pekerjaan bupati terdahulu, dan berusaha memenuhi janji yang telah diutarakan pada semasa kampanye.  Selain itu, kami akan membenahi sistem birokrasi, sehingga pelayanan terhadap masayarakat dapat maksimal,”  ujar Bupati
Gubernur Jawa-Barat Ahmad Hermawan mengingatkan bahwa Kabupaten Bekasi sangat berpotensi bagi Provinsi Jawa barat, oleh karena itu bupati yang telah dilantik sangat diharapkan dapat memaksimalkan kinerja, sehingga potensi yang terdapat di Kabupaten Bekasi dapat terus meningkat, terutama bidang pembangunan dan pendidikan.
H Kardin salah satu Ketua Pimpinan Anak Cabang, yang juga sebagai ketua fraksi Partai Golkar DPRD Kab Bekasi, kepada Global Post mengatakan bahwa Neneng Hasanah. Keberhasilannya menjadi Bupati Bekasi tidak terlepas dari kerja keras dari semua komponen Partai Golkar dari tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bekasi Blog News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger